LK 1: PESAWAT SEDERHANA
DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Hari/Tgl :…………………………………….
Kelompok :
Anggota :
1.
:
2.
:
3.
:
4.
Di sekitar kita bahkan di rumah sering kita jumpai sejumlah alat-alat
yang digunakan untuk mempermudah melakukan pekerjaan, seperti tampak pada
gambar berikut.
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Berdasarkan Gambar,
1.
Tuliskan semua alat bantu di rumah atau dijumpai
dalam kehidupan sehari-hari yang tergolong pesawat sederhana dan bukan pesawat
sederhana dengan memberi tanda (Ö), kemudian berikan alasannya!
Nama Alat
|
Pesawat Sederhana
|
Bukan Pesawat Sederhana
|
Alasan
|
|
|
|
|
2.
Berdasarkan informasi pada Tabel, tuliskan pengertian
pesawat sederhana………..…………………………………………………
3.
Berdasarkan alat-alat yang sudah Anda tulis,
kelompokkan menjadi alat-alat yang tergolong tuas, bidang miring atau katrol!
Gbr. Tuas
|
Gbr. Bidang miring
|
Gbr. Katrol
|
Nama Alat (Pesawat Sederhana)
|
Tuas
|
Bukan Tuas
Bidang miring
|
Bukan Tuas
Katrol
|
|
|
|
|
4.
Perhatikan Gbr. Berikut, tuliskan karakteristik
Tuas tipe-1, Tuas tipe 2, dan Tuas tipe-3.
Jenis Tuas
|
Ciri-ciri
|
Contoh
|
![]() |
|
|
![]() |
|
|
![]() |
|
|
5.
Apakah dalam Tubuh Manusia terdapat pesawat
sederhana?
Amati peragaan gerak tubuh yang didemokan/ditampilkan dalam bentuk
gambar/video/peragaan langsung. Fokus pada bagian tubuh yang geraknya berfungsi mengangkat dan
menggeser/memindahkan bagian tubuh tertentu, kemudian berdasarkan hasil
pengamatan Anda, Lengkapilah Tabel berikut!
|
Bagian/Segmen Tubuh
(Kerangka/Sendi/Otot)
|
Pesawat
Sederhana
|
Penjelasan
|
||||
Ya
|
bukan
|
Fungsi
|
Ciri-ciri
|
|||
Tuas
|
Bidang miring
|
Katrol
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LK 2: Mempelajari Keuntungan Mekanis
Tuas
Hari/Tgl :…………………………………….
Kelompok :
Anggota :
1.
:
2.
:
3.
:
4.
![]() ![]()
Amati peragaan menggunting kertas
tebal 2-3 mm pada berbagai jarak lengan beban sebuah gunting. (1) Letakkan
kertas pada ujung gunting kemudian gunting kertas tersebut! Catat hasil
pengamatan Anda! (2) Letakkan kertas diantara ujung dan titik tumpu gunting
hingga berjarak kira-kira tepat di bagian tengah jarak antara ujung dan titik
tumpu gunting, kemudian gunting tersebut. Catat hasil pengamatan Anda! (3)
Letakkan kertas hingga mendekati titik tumpu gunting, kemudian guntinglah
kertas tersebut. Catat hasil pengamatan Anda.
|
1.
Berdasarkan fenomena menggunting kertas
tersebut, tuliskan apa yang ingin Anda pertanyakan atau ingin Anda ketahui?
Rumuskan pertanyaan Anda:
|
2.
Baca buku Anda! Tuliskan jawaban Anda terhadap
pertanyaan tersebut!
|
3.
Apa yang akan Anda lakukan jika ingin
membuktikan bahwa jawaban Anda atas pertanyaan tersebut sudah benar?
Rancanglah percobaan untuk membuktikan kebenaran jawaban Anda!
|
4.
Setelah selesai percobaan, apakah jawaban Anda
sudah terbukti benar?
Analisis data percobaan Anda!
|
5.
Tuliskan kesimpulan yang Anda peroleh dari
kegiatan percobaan tersebut!
|
6.
Tuliskan laporan singkat dan presentasikan!
Laporan Percobaan
I. Pendahuluan
a. Latar
belakang
b. Pertanyaan
c. Tujuan
II. Kajian teori Singkat
III. Metode
a. Variabel-variabel
percobaan
b. Alat
dan bahan
c. Prosedur
percobaan
IV. Hasil Percobaan
V. Pembahasan
VI Penutup
a. Simpulan
b. Saran
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar